TSM5GUMiTpM8BSd0BUG8TUz0TA==

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Jelang Pemilu 2024, KPU Kepahiang Gelar Jalan Santai

Ketua KPU Kepahiang saat disambut tradisi makan sirih.
KEPAHIANG, INSPIRASIRAKYAT.COM - Bertempat di Taman Santoso Kabupaten Kepahiang, Sabtu (16/12) pagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepahiang menggelar kegiatan jalan santai. Giat tersebut sengaja dilakukan, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat di Kabupaten Kepahiang menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 nanti.

Bahkan pada kegiatan tersebut, disambut baik oleh ribuan masyarakat Kabupaten Kepahiang, yang tampak hadir memadati Taman Santoso.

Tak hanya itu, pada momen jalan santai tersebut diikuti oleh KPU se-Provinsi Bengkulu, Inspektur Utama KPU RI Nanang Priyatna dan juga jajaran Pemkab Kepahiang, serta unsur Forkopimda Kabupaten Kepahiang. 

Momen start jalan santai.
Divisi Sosial, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Kepahiang Anthaka Ramadhan mengatakan, Kegiatan jalan santai dimulai pukul 06.00 WIB, dan diikuti juga oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Kepahiang, tak terkecuali pemilih pemula. Dimana pada acara awal, KPU Kepahiang bersama rombongan berjalan mengelilingi taman Santoso dengan diiringi drumband, serta disambut tari persembahan.
 

"Kegiatan jalan santai ini sebagai salah satu bentuk dan upaya kita, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024 nantinya. Jadi kami berharap, melalui momen jalan santai ini pikiran masyarakat akan lebih terbuka, untuk menjadi pilih yang bijak," ujarnya.

Peserta jalan santai.
Bahkan tak terhenti sampai di sana tambah Anthaka. Usai melaksanakan jalan santai, peserta jalan santai juga mengikuti senam, dan dihibur oleh musik hingga melemparkan color powder. Serta dilakukan pengundian doorprize yang dilakukan pihak KPU Kepahiang, bersama bupati dan jajaran Pemkab serta FKPD Kepahiang.

"Banyak serangkaian kegiatan yang kita laksanakan pada kegiatan jalan santai untuk menghibur masyarakat. Tak tanggung-tanggung, kami juga menyiapkan hadiah doorprize mulai dari sepeda gunung, kulkas hingga hadiah lainnya kita bagikan kepada masyarakat yang ikut dalam acara jalan santai kita," sampai Anthaka.

Selain itu, dengan banyaknya jumlah pemilih Pemula di yang hadir lanjut Anthaka. Pihaknya juga tak lupa mengingatkan agar pemilih pemula untuk ikut menggunakan hak suaranya. 

"Ada sekitar 3.000 pemilih pemula di Kabupaten Kepahiang. Sehingga ini menjadi momentum kami untuk mengajak pelajaran ikut berpartisipasi dalam Pemilu 2024," terangnya.

Ketua dan anggota komisioner KPU Kepahiang saat memberikan sambutan.
Sementara itu disampaikan Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM IPU, pihaknya sangatlah mengapresiasi langkah KPU Kepahiang dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024 melalui giat jalan santai ini. Karena menurutnya, langkah yang diambil KPU Kepahiang ini sangat menarik dan bagus sekali.

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan partisipasi masyarakat dalam pemilu 2024 lebih meningkat dibandingkan tahun 2019 lalu," ucap bupati.

Tampak Bupati Kepahiang beriringan mengikuti jalan santai.
Selain itu melalui momen itu juga jelas bupati, masyarakat diminta agar menggunakan hak pilih tersebut pada 14 Februari 2024 nanti. Hal itu bertujuan, agar tercapai Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil serta bermartabat.

"Peserta Pemilu harus dapat menyikapi pemilu 2024 ini, dengan rasa aman, damai dan Sentosa. Pemilu ini merupakan pesta demokrasi jadi harus disikapi dengan tenang, senang dan bergembira. Apalagi untuk pemilih Pemula yang jumlahnya terbilang banyak" tutup bupati. (PB)

Type above and press Enter to search.