TSM5GUMiTpM8BSd0BUG8TUz0TA==

Program Penghijauan, Kodim 0409 Tanam Ratusan Pohon Bambang Lanang di Suro Bali Kepahiang

Dandim 0409 saat turun langsung menanam pohon bersama anak-anak di Desa Suro Bali.
KEPAHIANG, INSPIRASIRAKYAT.COM - Menindaklanjuti program penghijauan yang dicanangkan sejak awal. Jum'at (8/12) kemarin Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0409 Rejang Lebong, melaksanakan gerakan reboisasi atau penghijauan di Desa Suro Bali Kecamatan Ujan Mas Kepahiang.

Dimana pada program penghijauan atau gerakan penanaman tersebut. Dandim bersama jajaran Kodim 0409 Rejang Lebong, didampingi Pemkab Kepahiang dan Forkopimda beserta jajaran Pemdes setempat, menanam ratusan pohon atau sekitar 250 pohon jenis Bambang Lanang.

Tak hanya itu, pada momen penanaman bibit pohon itu juga melibatkan warga sekitar dan juga anak-anak sekolah. Karena program penghijauan tersebut sengaja dilakukan untuk mempersiapkan penghijauan untuk generasi penerus nanti.

Dandim 0409 Rejang Lebong Letkol Inf Moch Renaldy Herbowo menjelaskan, kegiatan program penghijauan ini merupakan bentuk pelestarian lingkungan di Kabupaten Kepahiang. Dimana dengan adanya tanaman yang ditanam ini, diharapkan dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya.

Kegiatan penanaman pohon Kodim 0409 Rejang Lebong.
"Kita selaku orang yang sudah dewasa, tentu sudah menikmati hasil penghijauan yang dilakukan oleh nenek moyang kita atau orang terdahulu. Jadi sudah menjadi tugas kita juga untuk melanjutkan keinginan nenek moyang kita, agar generasi penerus dapat merasakan apa yang sudah kita rasakan. Contohnya kayu yang digunakan untuk membangun rumah dan sebagainya sudah kita nikmati, begitupun dengan hal lainnya," jelasnya.

Dandim juga menjelaskan, selain melakukan pelestarian alam dan lingkungan sekitar untuk generasi penerus. Program penghijauan ini juga diharapkan dapat menjadi upaya untuk mencegah terjadinya bencana alam. 

Dandim 0409 Rejang Lebong Letkol Inf Moch Renaldy Herbowo.
"Dengan merawat lingkungan dan melestarikan penghijauan melalui penanaman pohon. Diharapkan juga dapat mengantisipasi terjadinya bencana alam. Karena keberadaan pohon ini memang sangat dibutuhkan ditengah-tengah kehidupan masyarakat," ungkapnya.

Lebih lanjut diterangkan Dandim, dengan adanya upaya penanaman ratusan pohon ini. Diharapkan juga dapat menjadi contoh bagi generasi penerus. Agar kedepannya, program penghijauan penanaman pohon ini dapat terus dilanjutkan.

Dandim 0409 saat memberikan arahan.
"Sengaja kita mengundang anak-anak sekolah juga, untuk mengajarkan mereka betapa pentingnya penghijauan ini. Selain itu yang jelas program ini akan dilakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Jadi akan kita survei dulu tempatnya untuk pelaksanaan penanaman pohon kedepannya," ucap Dandim.

Sementara itu disampaikan Kepala Desa Suro Bali Ketut Dana Putra mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih kepada Kodim 0409 Rejang Lebong yang telah melakukan penanaman pohon di Desa Suro Bali. Karena menurutnya, program yang dilakukan oleh para TNI ini sangatlah penting untuk pelestarian alam.

Ketut Dana Putra.
"Kami selalu Pemdes Kepahiang, mengucapkan terimakasih kepada pihak Kodim yang sudah perduli dengan desa kami. Mudah-mudahan apa yang dilakukan pak Dandim bersama jajaran, bisa diwariskan untuk anak cucu kita. Apalagi saat ini, sudah banyak pohon-pohon besar yang ditebang di sekitaran wilayah Kabupaten Kepahiang," terangnya.

Tak hanya kades, ternyata program penghijauan Kodim ini juga disambut baik oleh masyarakat setempat. Seperti yang disampaikan Nyoman Putra Ko, yang merupakan tokoh masyarakat di Desa Suro Bali tersebut.

Nyoman Putra Ko.
Dikatakannya, sebagai ummat hindu yang tinggal di Desa Suro Bali ini. Pelestarian lingkungan ini memang diajarkan oleh agamanya. Sehingga program Kodim 0409 ini merupakan kontribusi pihak TNI yang sangat berdampak untuk kedepannya.

"Saya selaku tokoh masyarakat, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan para TNI ini. Mudah-mudahan kedepannya program seperti ini akan terus dilanjutkan," ungkapnya.

Disisi lain disampaikan Staff Ahli Bupati Kepahiang Sudarno yang hadir mewakili bupati. Pihaknya bersama Dinas Pertanian Kepahiang, akan terus memberikan bantuan pohon kepada masyarakat secara langsung maupun melalui Kodim 0409 Rejang Lebong. Dimana melalui hal tersebut, merupakan bentuk dukungan Pemkab Kepahiang untu pelestarian lingkungan yang ada di Kabupaten Kepahiang.

Sudarno.
"Sebagai bentuk dukungan nyata, kami jajaran Pemkab Kepahiang tentu akan memperhatikan pelestarian lingkungan di wilayah Kepahiang. Jadi dengan kemampuan yang ada, setidaknya kami akan membantu bibit pohon untuk pelestarian lingkungan. Kedepannya juga kita akan meningkatkan kerjasama bersama pihak Kodim, untuk penanaman pohon atau penghijauan ini," tandasnya. (PB)

Type above and press Enter to search.