TSM5GUMiTpM8BSd0BUG8TUz0TA==

Pemdes Suro Bali Dukung Penuh Program Penghijauan Kodim 0409 Rejang Lebong

Kades Suro Bali : Ketut Dana Putra.
KEPAHIANG, INSPIRASIRAKYAT.COM - Pemerintah Desa (Pemdes) Suro Bali Kecamatan Ujan Mas Kepahiang, mendukung penuh program aksi penghijauan yang dicanangkan oleh Kodim 0409 Rejang Lebong, pada Jum'at (8/12) pagi. Bagaimana tidak, dalam aksi penghijauan itu, Kodim 0409 menanam 250 pohon Bambang Lanang di salah satu lahan yang ada di Desa Suro Bali.

Kepala Desa (Kades) Suro Bali Ketut Dana Putra mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih kepada Kodim 0409 Rejang Lebong yang telah melakukan penanaman pohon di Desa Suro Bali. Karena menurutnya, program yang dilakukan oleh para TNI ini sangatlah penting untuk pelestarian alam, khususnya di Desa Suro Bali.

"Selaku Pemdes Suro Bali, tentu kami mengucapkan terimakasih kepada pihak Kodim yang sudah perduli dengan desa kami. Mudah-mudahan apa yang dilakukan pak Dandim bersama jajarannya, bisa dilanjutkan oleh generasi penerus. Apalagi saat ini, sudah banyak pohon-pohon besar yang ditebang di sekitaran wilayah Kabupaten Kepahiang," terangnya.

Kodim 0409 Rejang Lebong bersama siswa SD Desa Suro Bali saat aksi menanam pohon.
Dana juga menyampaikan, dengan adanya penanaman ratusan pohon Bambang Lanang yang dilakukan Kodim 0409 ini. Pihaknya juga akan berupaya merawat dan melestarikan pohon yang sudah ditanam. Karena menurutnya, hal itu merupakan salah satu bentuk sumbangsi yang dapat dilakukan pihaknya, untuk melestarikan pohon-pohon yang ada.

"Yang jelas kami selaku Pemdes setempat, hanya bisa memberikan upaya terbaik dengan merawat bibit pohon yang ditanam. Selain itu kami juga memastikan, program seperti ini akan dilanjutkan oleh generasi penerus yang ada di desa. Intinya sekali lagi kami mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0409 ini. Mudah-mudahan upaya yang diberikan Kodim 0409 ini dapat berlangsung dalam waktu yang panjang," jelasnya. 

Bahkan tak hanya kades, ternyata program penghijauan Kodim ini juga menarik perhatian dan disambut baik oleh masyarakat setempat.

Nyoman Putra Ko, yang merupakan tokoh masyarakat di Desa Suro Bali tersebut mengatakan, sebagai ummat hindu yang tinggal di Desa Suro Bali ini. Pelestarian lingkungan ini memang diajarkan oleh agamanya. Sehingga program Kodim 0409 ini merupakan kontribusi pihak TNI yang sangat berdampak untuk kedepannya.

Nyoman Putra Ko.
"Saya selaku tokoh masyarakat, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan para TNI ini. Mudah-mudahan kedepannya program seperti ini akan terus dilanjutkan," ungkapnya.

Selain itu senada dengan yang disampaikan Kades, Nyoman juga menyampaikan. Bahwa pihaknya bersama warga lainnya, akan bersama-sama menjaga dan merawat bibit pohon yamg sudah ditanam oleh pihak Kodim 0409 itu. Sebagaimana anugerah yang diberikan tuhan, dirinya akan merawat sebaik mungkin pohon yang akan diwariskan oleh generasi penerus itu.

"Pohon adalah mahluk hidup juga, sehingga sebagai manusia yang cinta dengan tuhannya. Sudah menjadi kewajiban kita untuk merawat dan melestarikan pohon yang ada. Apalagi pohon yang ditanam ini merupakan program penghijauan yang dilakukan pihak Kodim 0409 Rejang Lebong," tutupnya.

Untuk diketahui, pada Jum'at (8/12) pagi Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0409 Rejang Lebong, melaksanakan gerakan reboisasi atau penghijauan di Desa Suro Bali Kecamatan Ujan Mas Kepahiang.

Dimana pada program penghijauan atau gerakan penanaman tersebut. Dandim 0409 Rejang Lebong Letkol Inf Moch Renaldy Herbowo bersama jajaran Kodim 0409 Rejang Lebong, didampingi Pemkab Kepahiang dan Forkopimda beserta jajaran Pemdes setempat, menanam ratusan pohon atau sekitar 250 pohon jenis Bambang Lanang.

Tak hanya itu, pada momen penanaman bibit pohon itu, juga melibatkan warga sekitar dan juga anak-anak sekolah. Karena program penghijauan tersebut sengaja dilakukan untuk mempersiapkan penghijauan untuk generasi penerus nanti. (PB)

Type above and press Enter to search.