TSM5GUMiTpM8BSd0BUG8TUz0TA==

Heboh, Warga Desa Taba Padang Kepahiang Menemukan Meriam Kuno

Meriam kuno yang ditemukan warga Desa Taba Padang.
KEPAHIANG, INSPIRASIRAKYAT.COM - Warga Desa Taba Padang Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahiang dibuat heboh. Pasalnya baru-baru ini, warga Desa Taba Padang menemukan meriam kuno yang disinyalir merupakan benda peninggalan bersejarah pada masa penjajahan terdahulu.

Kepala Desa (Kades) Taba Padang Yoyon mengatakan, sudah tidak heran jika ada warganya yang menemukan benda bersejarah nan kuno seperti meriam itu. Konon ceritanya, kala itu Desa Taba Padang merupakan markas militer tentara belanda pada zaman penjajahan.

"Dari cerita yang saya dengar, dulu stadion mini Rajo Mudo yang ada di desa Taba Padang ini merupakan markas militer tentara belanda. Dan pernah di bom oleh tentara Jepang pada tahun 1942," ujar Yoyon.

Diceritakannya, hal tersebut terbukti dari berbagai penemuan benda bersejarah yang ada di Desa Taba Padang. Seperti meriam dan penemuan perang lainnya, serta beberapa guci peninggalan penjajah belum lama ini.

"Dengan sejumlah penemuan barang kuno dan bersejarah. Bisa menjadi bukti bahwa Desa Taba Padang ini merupakan tempat pahlawan A.K Gani dulu merebut kemerdekaan. Dan meriam yang kita temukan baru-baru ini, akan kita pajang di dekat patung beliau," singkatnya.

Tugu atau patung pahlawan A.K Gani.
Untuk diketahui, Pahlawan Mayor Jenderal TNI (Tit.) (Purn.) dr. Adnan Kapau Gani atau biasa disingkat A.K. Gani merupakan pahlawan nasional yang sempat berjuang merebut kemerdekaan di tanah sehasen Kabupaten Kepahiang, tepatnya di desa Taba Padang kecamatan Seberang Musi.

Perjuangan merebut kemerdekaan yang dilakukan pahlawan A.K Gani, sampai saat ini masih dikenang oleh masyarakat kabupaten Kepahiang, khususnya masyarakat desa Taba Padang.

Hal itu juga dibuktikan, dengan adanya tugu sosok pahlawan A.K Gani yang sedang memacu kuda dibangun di tengah-tengah desa. Untuk mengingatkan, agar generasi masyarakat desa tersebut tidak melupakan sejarah. (PB)

Type above and press Enter to search.