TSM5GUMiTpM8BSd0BUG8TUz0TA==

Debat Capres Putaran Pertama Memanas, Isu Persoalan HAM Kerap Muncul, Ada Apa?

Ketiga Capres yang melaksanakan debat putaran pertama.
INSPIRASIRAKYAT.COM - Pada pelaksanaan debat Calon Presiden (Capres) putaran pertama yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Selasa (12/12) malam. Menjadi debat yang cukup panas antara Capres nomor urut satu, dua, dan juga tiga. Bagaimana tidak, pada debat putaran pertama itu, Capres yang bersangkutan saling adu argumen dan sesekali saling menyudutkan satu sama lain.

Akan tetapi anehnya yang sangat mencolok, setiap debat Capres yang diikuti oleh Prabowo Subianto, isu soal pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) beberapa tahun silam selalu diungkit. Dan kali ini pun diungkit kembali oleh lawan debat Capres Prabowo pada acara debat Capres.

Lantas apa sebenarnya tang terjadi?apakah pelanggaran HAM hanya dijadikan bahan politik untuk menjatuhkan Prabowo. Atau memang isu HAM ini sangat menarik untuk dibahas pada debat Capres? Ini penjelasan yang berhasil dirangkum inspirasi rakyat pada debat putaran pertama tang dilaksanakan KPU RI.

Pada beberapa momen atau segmen tanya jawab debat yang dilaksanakan. Memang tampak jelas perihal pelanggaran HAM ini selalu dipertanyakan oleh Capres nomor 1 dan Capres nomor 3. Terlebih lagi pertanyaan yang diutarakan Capres nomor 1 yang memang tampak betul seolah ingin menyudutkan Capres nomor urut 2 yakni Prabowo Subianto.

Akan tetapi meski demikian, Capres Prabowo tetap menanggapi beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh lawan debatnya itu.

"Kenapa pelanggaran HAM selalu diungkit setiap debat Capres. Itu kan sudah berjalan dan sudah dilaksanakan serangkaian proses hukumnya. Terlebih lagi orang yang katanya perna saya tahan saat ini menjadi pendukung saya, dan duduk bersama saya," tutur Prabowo pada debat tersebut. 

Capres tahun 2024.
Bahkan tak hanya Prabowo saja yang menanggapi secara langsung perihal tersebut. Timses Capres nomor urut 2 Maman Abdurrahman pada siaran langsung Musyawarah yang ditayangkan dan dikutip dari akun youtube Najwa Sihab menerangkan. Kenapa perihal pelanggaran HAM ini selalu dibahas setiap Prabowo mengikuti debat Capres. Kenapa saat ada tokoh bangsa yang membutuhkan dukungan Gerindra tidak pernah mengungkit hal itu.
Timses nomor urut 2, Maman Abdurrahman.
"Ini perlu dipertanyakan, kenapa pelanggaran HAM selalu muncul di debat Capres. Janganlah hal itu terus digunakan sebagai bahan politik untuk menjatuhkan pak Prabowo. Karena saya selaku Timses Prabowo, sampai saat ini masih terus memperhatikan dan membantu keluarga korban pelanggaran HAM itu. Jadi ayolah, jangan selalu mempertanyakan hal tersebut setiap debat Capres," jelasnya pada acara tersebut.

Sementara itu Faisol Riza Timses nomor urut 1 yang menerangkan pada acara yang sama dengan Timses nomor urut 2 dan 3. Perihal pelanggaran HAM ini bukan semata hanya dibahas setiap Prabowo maju sebagai Capres. Akan tetapi menurutnya, hal itu selalu diungkit lantaran permasalahan pelanggaran HAM itu belum ada penyelesaiannya secara tuntas. Sehingga wajar saja jika perihal tersebut selalu diungkit.

Timses nomor urut 1, Faisol Riza.
"Memang soal pelanggaran HAM yang pernah dilakukan Capres nomor urut 2 itu kam belum bisa dianggap tuntas. Sehingga sampai saat ini, hal tersebut terus menjadi pertanyaan masyarakat, terutama pihak keluarga korban. Jujur saya pribadi saja ikut sedih terhadap masalah tersebut. Jadi memang kita harus mendapatkan penjelasan terkait hal itu, agar tidak terus terjadi simpang siur," tandasnya kepada Capres nomor urut 2. 

Untuk diketahui, debat Capres ini masih akan dilaksanakan empat kali lagi oleh KPU RI. (PB)

Type above and press Enter to search.