TSM5GUMiTpM8BSd0BUG8TUz0TA==

Terkendala Anggaran, Pemindahan Makam Pahlawan di Kepahiang Sulit Dilakukan

Bupati didampingi FKPD saat mengunjungi makam pahlawan Letkol Santoso di Kelurahan Pasar Ujung.
KEPAHIANG, INSPIRASIRAKYAT.COM - Lantaran terkendala anggaran sejak beberapa tahun lalu, pemindahan makam pahlawan Letkol Santoso dari makam Kelurahan Pasar Ujung ke makam pahlawan yang ada di Desa Pagar Gunung Kepahiang, sulit direalisasikan.

Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM IPU menjelaskan, sejak dirinya menjabat sebagai Bupati Kepahiang. Dirinya mendapat mandat dari pihak Kemensos untuk membuat makam pehlawan yang layak bagi para pahlawan. Hanya saja karena terkendala anggaran, sampai saat ini pembangunan makam pahlawan belum juga dilaksanakan.

"Sertifikat sudah resmi milik Pemkab Kepahiang. Hanya saja sebelum makam dipindahkan, harus dibangun terlebih dahulu sejumlah fasilitas pendukung. Seperti pagar keliling, lahan parkir, dan juga fasilitas lainnya, untuk itulah memerlukan anggaran," jelas bupati.

Meski demikian dikatakan bupati, saat ini pihaknya terus mengusulkan pemindahan makam tersebut. Bahkan ditargetknya, sebelum pensiun setidaknya makam pahlawan sudah dipindahkan.

"Menjelang pensiun, saya akan upayakan agara proses pemindahan makam pahlawan ini bisa dilakukan. Karena wacana pemi dahan makan ini, sudah kita wacanakan sejak awal. Namun memang akibat tak ada anggaran, pemindahan yang kita wacanakan belum terelaisasi hingga saat ini," ucap bupati.

Sementara itu disampaikan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kepahiang Helmi Johan MPd, untuk pemindahan dan pembangunan makam pahlawan yang dipusatkan di Desa Pagar Gunung Kepahiang, itu sudah dikaji semua oleh pihaknya. Dijelaskannya, untuk membuat pagar keliling dan juga parkiran serta beberapa fasilitas lainnya, setidaknya membutuhkan anggaran Rp 1 miliar.

"Sudah kita kaji dan kita hitung, anggaran yang dibutuhkan untuk pemindahan dan pembangunan makam pahlawan membutuhkan anggaran Rp 1 miliar. Jika makam sudah dibangun, maka barulah makam yang lama bisa kita pindahkan," terangnya.

Akan tetapi Helmi menerangkan, dengan kondisi saat ini nampaknya pemindahan makam pahlawan akan berjalan alot. Karena meski sudah diusulkan berulang kali, usulan tersebut belum juga diakomodir oleh pihak Banggar. Sehingga perlu upaya lebih keras dari pihaknya, untuk mewujudkan pemindahan makan tersebut.

"Kita sangat mentayangkan, berulang kali kita usulkan belum juga bisa diakomodir. Namun kita akan terus mengusulkan, agar kedepannya pemindahan makam bisa direalisasikan," harapnya. (PB)

Type above and press Enter to search.