TSM5GUMiTpM8BSd0BUG8TUz0TA==

Re-akreditasi, PKM Durian Depun Kepahiang Utamakan Pemaksimalan Layanan Masyarakat, "Ditargetkan jadi PKM Percontohan"

Kepala Dinkes Kepahiang bersama Kapus Durian Depun dan jajaran.
KEPAHIANG, INSPIRASIRAKYAT.COM - Sebagai salah satu Puskesmas (PKM) yang sudah menjadi salah satu Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Kabupaten Kepahiang. Baru-baru ini pada Sabtu (11/11) pagi, PKM Durian Depun Kepahiang menjalankan re-akreditasi ataupun peningkatan akreditasi. Dimana pada puncak re-akreditasi itu, seluruh elemen masyarakat seperti camat, kades, dan sejumlah pihak lainnya diwawancara oleh Tim Suverior akreditasi, untuk memberikan penilaiannya terhadap layanan PKM.

Kepala Puskesmas (PKM) Durian Depun Yuniwarti S.K.M, M.K.M, mengatakan, dengan adanya peningkatan akreditasi pada PKM yang dirinya pimpin ini. Tentu dirinya juga akan memberikan serta mengutamakan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakatnya. Baik itu dari segi pelayanan umum, maupun dari segi persiapan sarpras penunjang yang ada di PKM.

"Ini peningkatan akreditasi kita setelah 5 tahun lalu PKM kita dilakukan penilaian. Dengan adanya peningkatan akreditasi ini, kita akan terus meningkatkan kinerja serta meningkatkan mutu dan layanan kesehatan yang ada di PKM. Serta kita akan tetap semangat untuk mempertahankan pelayanan yang ada, karena kita ini pelayan masyarakat," ujarnya.

Tim Suverior Akreditasi saat melakukan wawancara.
Dijelaskan Yuni, dengan ditingkatkannya akreditasi ini juga. Pihaknya berharap agar PKM Durian Depun bisa mendapat dukungan lebih dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang, dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepahiang. Mengingat sampai saat ini, PKM Durian Depun masih membutuhkan petugas rekam medis dan juga dokter gigi, untuk penunjang layanan kesehatan yang ada di PKM.

"Sejauh ini sudah banyak layanan yang kita tingkatkan. Namun pada dasarnya, masih ada beberapa hal yang kita butuhkan, seperti petugas rekam medis dan dokter gigi, bahkan pemeliharaan gedung PKM. Mudah-mudahan hal tersebut juga dapat dialokasikan oleh pihak Dinkes, agar layanan yang kami berikan menjadi semakin baik dan terpadu," jelasnya.

Sementara itu disampaikan Kepala Dinkes H Tajri Fauzan SKM MSi, melalui penilaian atau peningkatan akreditasi ini. Yang paling utama adalah soal telusur dokumen, artinya setiap layanan yang diwajibkan dan sudah diterapkan, benar-benar harus dimiliki oleh PKM Durian Depun. Terlebih lagi menurutnya, layanan PKM Durian Depun ini sudah sangat baik, karena memang PKM Durian Depun ini sudah terakreditasi Madya. Dan diharapkan pada tahun ini juga bisa Paripurna.

"Saya sangat mengapresiasi seluruh layanan yang ada di PKM Durian Depun ini. Saya pikir, apa yang diberikan oleh ibu Yuni dan rekan-rekan lainnya, saat ini sudah sangat baik," terang Tajri.

Jajaran PKM Durian Depun Kepahiang.
Dirinya juga menjelaskan, dengan layanan serta standar yang diberikan. PKM Durian Depun diharapkan dapat menjadi PKM percontohan dan rujukan bagi PKM lainnya dari segi pelayanan terhadap masyarakat.

"Bukan PKM lain tidak baik dari segi layanan nya. Tapi saya berharap, PKM lain bisa mencontoh PKM Durian Depun yang memiliki layanan yang sangat bagus untuk masyarakat ini. Saya juga berharap, kedepannya PKM Durian Depun ini bisa terus meningkatkan eksistensinya dalam hal layanan kesehatan masyarakat," pungkasnya. (PB)

Type above and press Enter to search.