TSM5GUMiTpM8BSd0BUG8TUz0TA==

Puskesmas Pasar Kepahiang jadi Puskesmas Pertama Yang Terapkan Layanan RME di Kabupaten Kepahiang

Pemotongan pita tanda launching penerapan layanan RME perdana di Puskesmas Pasar Kepahiang.
KEPAHIANG, INSPIRASIRAKYAT.COM - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pasar Kepahiang Kecamatan Kepahiang, menjadi Puskesmas pertama yang menerapkan Rekam Medik Elektronik (RME), di Kabupaten Kepahiang. Dimana pada Kamis (16/11) lalu, penerapan RME di Puskesmas Pasar Kepahiang resmi di launching oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepahiang.

Bahkan tak tanggung-tanggung, selain menjadi Puskesmas pertama yang menerapkan RME di Kabupaten Kepahiang. Puskesmas Pasar Kepahiang juga menjadi Puskesmas kedua di Provinsi Bengkulu, yang menerapkan RME. Setelah salah satu Puskesmas di Kabupaten Manna.

 Kapus Pasar Kepahiang Heni Mahita, S.Tr, Keb bersama Asisten II Setdakab Kepahiang.
Kepala Puskesmas (Kapus) Pasar Kepahiang Heni Mahita, S.Tr, Keb mengatakan, sejak awal dirinya memang sudah mempersiapkan SDM di Puskesmas sesuai dengan kebutuhan pada setiap layanannya. Sehingga dengan SDM yang memadai, Sarana dan Prasarana (Sarpras) yang lengkap, dan juga beberapa faktor lainnya. Puskesmas Pasar Kepahiang bisa ditunjuk sebagai Puskesmas pertama di Kepahiang yang launching penerapan RME ini.

"Sejak awal kita sudah mempersiapkan semua halnya secara maksimal. Mulai dari SDM pada setiap layanan, maupun Sarpras yang dibutuhkan. Dan alhamdulillah, Puskesmas kami dipilih sebagai Puskesmas perdana yang menerapkan RME. Mudah-mudahan Puskesmas kami ini, dapat memacu semangat pihak Puskesmas lainnya untuk menerapkan RME," jelasnya.

Foto bersama
Sementara itu dikatakan Heni, dengan menerapkan layanan RME ini. Seluruh layanan di Puskesmas Pasar Kepahiang juga sudah harus dalam bentuk digitalisasi. Sehingga menurutnya, sudah tidak ada lagi layanan yang dilakukan secara manual.

"Dengan menjadi Puskesmas perdana yang menerapkan RME di Kabupaten Kepahiang. Kami akan mempermudah masyarakat ataupun pasien yang berobat di Puskesmas melalui layanan digitalisasi. Karena dengan layanan digitalisasi ini, kami pastikan pelayanan yang diberikan juga bisa lebih maksimal," jelas Heni.

Pelayanan yang diberikan untuk masyarakat saat launching layanan RME.
Disamping itu Heni juga menerangkan, setelah menjadi Puskesmas pertama di Kepahiang yang menerapkan RME. Dirinya juga menargetkan agar tahun ini Puskesmas Pasar Kepahiang segera Paripurna. Karena untuk saat ini, akreditasi yang dimiliki Puskesmas Pasar Kepahiang masih madya.
Pelayanan di Puskesmas Pasar Kepahiang.
"Saat ini Puskesmas kita masih terakreditasi madya. Namun kita menargetkan, tahun ini Puskesmas Pasar Kepahiang bisa Paripurna. Apalagi saat ini, Puskesmas kita sudah menerapkan RME. Akan tetapi yang paling penting, tetap layanan terbaik dan maksimal yang harus diutamakan untuk masyarakat," tutupnya. (PB)

Type above and press Enter to search.