TSM5GUMiTpM8BSd0BUG8TUz0TA==

Bunga Rafflesia Arnoldi Berkelopak 5 Kembali Mekar di Kepahiang, Lokasi 400 Meter dari Jalan Lintas

Bunga Rafflesia Arnoldi kelopak 5 yang mekar di Kepahiang.
KEPAHIANG, INSPIRASIRAKYAT.COM - Bunga Rafflesia Arnoldi yang menjadi icon Provinsi Bengkulu, pada senin (27/11) pagi kembali mekar sempurna di wilayah Kabupaten Kepahiang. Tepatnya di Desa Tebat Monok Kecamatan Kepahiang, atau sekitar 400 meter dari pinggir jalan lintas Kepahiang-Bengkulu (KM 51).

Bunga Rafflesia Arnoldi itu mekar dengan diameter sekitar 50 centimeter, dengan 5 kelopak bunga yang kerap menjadi ikonik tersendiri akan keindahannya.

Jika ditempuh dari pinggir jalan, pengunjung harus berjalan sekitar 400 meter, atau sekitar 10-15 menit, dengan kondisi jalan yang masih tanah. Bahkan dianjurkan, pengunjung setidaknya harus menggunakan alas kaki khusus seperti sepatu hiking untuk melewati jalan tanah sejauh 400 meter, dengan medan yang naik turun. 

"Bunga Rafflesia Arnoldi ini mekar sejak Minggu 26 November 2023 kemarin, dan di hari ini (Senin, 27 November 2023, red) sudah mekar sempurna," ungkap Ketua Lembaga Peduli Puspa Langka dan Lingkungan (LP2L2) Holidin.

Dikatakan Holidin, bunga Rafflesia Arnoldi ini diperkirakan akan mekar sempurna hingga hari Kamis 30 November 2023 nanti. Sehingga sampai hari itu, pihaknya setiap hari akan terus memantau kondisi bunga yang menjadi icon Bengkulu tersebut. Hal itu dilakukan, untuk mengetahui kondisi dari bunga rafflesia arnoldi setiap harinya. 

"Bunga Rafflesia akan kita jaga hingga hari minggu 3 Desember 2023 nanti, karena rencananya akan ada tamu dari Jakarta. Namun untuk pengunjung yamg penasaran, silahkan saja datang langsung ke lokasi, karena tidak dipungut biaya," pungkasnya.

Untuk diketahui, selain bunga Rafflesia Arnoldi yang sedang mekar, di sekitar bunga juga tampak 1 bongkol bunga Rafflesia yang berada di sebelah bunga Rafflesia Arnoldi yang sedang mekar. 

Bahkan tak jauh dari bunga Rafflesia yang sedang mekar, ada dua bongkol Bunga Rafflesia Arnoldi yang diperkirakan juga akan mekar 2 minggu lagi. (PB)

Type above and press Enter to search.